Breaking News

Kapolda Papua Hadiri Pelantikan Pengurus Dewan Pimpinan API Provinsi Papua Periode 2023-2028

Papua, 1.OneNews.co.id | Kepala Kepolisian Daerah Papua Irjen Pol. Mathius D. Fakhiri, S.I.K mengahadiri kegiatan Pelantikan Pengurus Dewan Pimpinan Daerah Asosiasi Pendeta Indonesia Provinsi Papua Periode 2023-2028 bertempat di SIP Azana Hotel Jayapura Jalan Ahmad Yani Nomor 50 Kelurahan Gurabesi Distrik Jayapura Utara Kota Jayapura Provinsi Papua, Jumat (16/02/2024).

Turut hadir dalm kegiaqtan tersebut Asintel Kasdam XVII/Cenderawasih Kolonel Inf Luhut Bernandus Sidabariba, S.I.P., M.M, Pejabat Fungsional Analis Kebijakan Ahli Madya Bidang Pemerintahan dan Otonomi Khusus Provinsi Papua, Drs. Yan Piet Rawar. M.A.P, Ketua PGPI Papua, Pdt. MPA. Maury, S.Th., Penasehat DPD API Prov. Papua Papua Periode 2023-2028, Pdt. Jimmy Albert Hein Koirewoa, S.Th, Ketua DPD Asosiasi Pendeta Indonesia Provinsi Papua Periode 2023-2028, Pdt. Jerrmias Rahakbauw, M.Th., Para Ketua Persekutuan Gereja-Gereja se-Provinsi Papua.

Dalam kesempatannya, Ketua DPD Asosiasi Pendeta Indonesia Provinsi Papua Periode 2023-2028 mengatakan API lahir ditengah koflik perubahan politik di era orde baru menuju era reformasi, semua tahu banyak yang menjadi korban termasuk para Pendeta dan gereja gereja sehingga ada beberapa Jenderal Purn dan tokoh tokoh gereja merasa perlu bangkitkan semangat gereja terutama pimpinan Gereja untuk terus menjadi bagian dalam Pemerintah untuk mengawal, menjaga perjalan bangsa dan negara.

“Saat itu kami berperan aktif bersama Pemerintah dan TNI-Polri dalam penanganan Covid-19 dan kami yang menjadi teladan untuk dilakukan vaksinasi sehingga bisa diikuti oleh seluruh masyarakat Papua,” ucapnya.

“Kedepan kami akan terus berkomitmen untuk turut serta mengawal pembangunan di Tanah Papua dan akan terus bermitra dengan Pemerintah setempat demi kesejahteraan masyarakat Papua,” imbuhnya.

Sementara itu, Kapolda Papua mengucapkan selamat  atas Pelantikan Pengurus Asosiasi Pendeta Indonesia (API) Provinsi Papua Periode 2023-2028. 

“Saya berharap API ini selalu aktif dalam kegiatan keagaman dan menjalankan tugasnya dengan baik sesuai dengan tugas utama dari API,” ucap Kapolda Papua.

Lebih lanjut, Kapolda meminta kepada API untuk tidak menjadikan agama sebagai wadah politik dan jangan memberikan kesempatan kepada orang-orang yang bukan pemuka agama untuk mewartakan ajaran Tuhan, apalagi kepada orang-orang yang baru mengenal agama yang  sudah menganggap dirinya sebagai pemuka agama untuk kepentingan tertentu.

“Senantiasalah membangun kerukunan umat, menciptakan perdamaian terutama damai dengan Allah, menegakkan keadilan dan kesetiaan anta rumat beragama dan menjaga keselamatan bangsa Indonesia,” tuturnya.

“Saya juga berpesan agar API mampu meningkatkan program kerohanian, senantiasa menebarkan toleransi beragama, menghindari aliran radikal dan selalu menumbuhkan rasa cinta dan damai. Selalu tunjukkan kinerja bagi kemajuan organisasi, sesuai nilai keagamaan yang terulis di dalam kitab suci,” tambahnya.(*)
© Copyright 2022 - 1 One News