Breaking News

Sinergi Wartawan dan Polres Jayapura Dalam Memperingati Hari Pers Nasional 2024

Papua,1.One.News.co.id | Dalam rangka memperingati Hari Pers Nasional (HPN) 2024, Polres Jayapura bersama wartawan menyelenggarakan Diskusi Publik "Melek Literasi Pemilu Damai" dengan tema "Mengawal Transisi Kepemimpinan Nasional dan Menjaga Keutuhan Bangsa". Acara ini dilaksanakan di Hotel Grand Papua, Jalan Sosial Sentani, Kabupaten Jayapura pada Sabtu (03/02) pagi.

Diskusi publik ini diawali dengan penabuhan tifa oleh Sekda Kabupaten Jayapura, Dr. Hana S. Hikoyabi, M.KP., didampingi oleh Kapolres Jayapura AKBP Fredrickus W.A. Maclarimboen, S.I.K., M.H., serta sejumlah tokoh seperti Ketua KPU Kabupaten Jayapura Daniel Mebri dan perwakilan dari berbagai instansi terkait.

Menurut Aman Hasibuan, salah satu perwakilan jurnalis di Kabupaten Jayapura, diskusi publik ini merupakan kolaborasi antara wartawan dan Polres Jayapura. Dia menekankan pentingnya peran pers dalam menyebarkan informasi terkait proses dan ketentuan pemilu, serta fungsi kontrol dan pemberitaan yang benar dan berimbang.

Dalam sambutannya, Kapolres Jayapura AKBP Fredrickus W.A Maclarimboen, S.I.K., M.H., menegaskan bahwa wartawan adalah mitra kerja Polres Jayapura dalam hal pemberitaan dan penyebarluasan informasi kepada masyarakat. 

“Saya juga menyampaikan pentingnya sinergitas antara kepolisian dan media untuk meningkatkan kesadaran masyarakat tentang pentingnya pemilu yang damai,” ucapnya.

Selain itu, Pj Bupati Jayapura, Triwarno Purnomo, S.STP., M.Si., yang diwakili oleh Sekda Kabupaten Jayapura, Dr. Hana S. Hikoyabi, M.KP., menyoroti peran penting media dalam pembangunan daerah. 

“Saya menekankan bahwa wartawan memiliki tugas sebagai fungsi kontrol sosial terhadap kebijakan pemerintah dan diharapkan memberikan kritik konstruktif sesuai dengan prinsip jurnalistik,” tuturnya.

Peringatan HPN 2024 dengan tema "Mengawal Transisi Kepemimpinan Nasional dan Menjaga Keutuhan Bangsa" diselenggarakan di DKI Jakarta, dengan acara puncak pada tanggal 9 Februari 2024. Hal ini merupakan momen penting untuk mengapresiasi peran penting pers dalam menjaga demokrasi dan keutuhan bangsa.(*)
© Copyright 2022 - 1 One News