Breaking News

Prioritas Kesehatan, Polda Papua Beri Layanan Medis bagi Petugas Pemilu di Lokasi TPS

Papua, 1.OneNews.co.id | Kepolisian Daerah (Polda) Papua aktif membantu menjaga kesehatan para personel yang terlibat dalam pelaksanaan pemilu 2024. Dalam rangka mengantisipasi dampak kelelahan dan pekerjaan yang berlangsung lama, Polda Papua membentuk tim pelayanan kesehatan keliling (Tim Patroli Kesehatan) yang berpatroli dari Tempat Pemungutan Suara (TPS) ke TPS.

Tim ini, yang terdiri dari Bidang Kedokteran dan Kesehatan (Bidokkes) Polda Papua serta unit kesehatan Polres di berbagai daerah (Sie Dokkes jajaran), memberikan layanan dan bantuan kesehatan kepada petugas penyelenggara pemilu di lokasi-lokasi tersebut.

Kabid Dokkes Polda Papua, Kombes Pol. dr. Bambang Pitoyo Nugroho, Sp.S., M.H, menjelaskan bahwa kegiatan ini merupakan bagian dari dukungan terhadap Operasi Mantap Brata Cartenz 2023-2024 yang sedang berlangsung. 

"Kami menyadari begitu beratnya tugas yang diemban personel kita dilapangan, petugas penyelenggara di TPS. Jadi kita mensupport agar kesehatan mereka tetap prima sehingga bisa melaksanakan tugasnya dengan maksimal," ujarnya.

Tim pelayanan kesehatan memberikan layanan seperti pemeriksaan kesehatan, pemberian obat-obatan (vitamin), dan penanganan luka ringan. Mereka juga melakukan perawatan bagi personel pengamanan dan petugas lainnya yang mengalami sakit. Pelayanan ini telah dimulai sejak Rabu (14/2) dan terus berlanjut.

Bukan hanya tim Polda Papua, tetapi juga tim kesehatan dari Polres jajaran terlibat dalam kegiatan ini. Mereka melakukan patroli, menyambangi berbagai TPS di kota Palembang dan kabupaten/kota di wilayah Polda Sumsel untuk memberikan layanan kesehatan kepada petugas di lapangan.

Kabid Dokkes menjelaskan bahwa pihak Biddokkes Polda Papua menurunkan beberapa tim yang siap melayani wilayah kota dan kabupaten. Ambulans dan tim kesehatan di setiap Polres juga disiapkan untuk memberikan pelayanan yang sama.

"Pelayanan ini sebagai bentuk komitmen Polda Papua, khususnya Dokkes, mendukung pelaksanaan pemilu 2024 dengan memastikan petugas yang terlibat pengamanan dan penyelenggara pemilu dalam kondisi sehat dan siap menjalankan tugasnya," kata Kabid Dokkes.

Upaya ini diharapkan dapat menjaga kondisi fisik para petugas agar mereka dapat menjalankan tugasnya secara optimal dan memastikan pelaksanaan pemilu berjalan aman, tertib, dan lancar.(*)
© Copyright 2022 - 1 One News