Breaking News

Langkah Tegas Polda Papua, Operasi Keselamatan Cartenz 2024 Sasar Ketaatan Aturan di Jalan Raya

Papua 1.OneNews.co.id | Dalam upaya menekan angka kecelakaan lalu lintas dan menciptakan kondisi yang aman menjelang bulan suci Ramadhan, Polda Papua melaksanakan Apel Gelar Pasukan Operasi Keselamatan Cartenz T.A 2024. 

Apel yang digelar di Lapangan Sat Brimob Polda Papua pada Sabtu (2/3) tersebut dipimpin langsung oleh Inspektur Pengawasan Daerah (Irwasda) Polda Papua, Kombes Pol. Drs Yosi Muhamartha.

Kegiatan tersebut dihadiri oleh sejumlah pejabat utama Polda Papua, antara lain Dir Samapta Polda Papua Kombes Pol Sondang Richman Daniel Siagian, S.I.K, Dir Pam Ovit Kombes Pol Dede Alamsyah S.I.K., dan Kapolresta Jayapura Kota Kombes Pol Dr. Victor Dean Mackbon, S.H., S.I.K.,M.H., M.Si, serta perwakilan dari TNI dan stakeholder terkait.

Dalam sambutannya, Kombes Pol. Drs Yosi Muhamartha menyampaikan data perbandingan kecelakaan di wilayah Papua antara tahun 2022 dan 2023. Meskipun terjadi peningkatan jumlah kecelakaan, Polda Papua terus berupaya menekan angka kecelakaan dengan menggelar Operasi Keselamatan Cartenz 2024.

“Operasi ini direncanakan berlangsung dari tanggal 4 hingga 17 Maret 2024 dengan tujuan menciptakan kondisi kamtibmas yang kondusif menjelang bulan suci Ramadhan 1445 H, serta memberikan rasa aman dan nyaman kepada masyarakat,” tuturnya.

Sebagai bagian dari program Aksi Keselamatan Jalan yang melibatkan lembaga terkait, operasi ini diharapkan dapat mendorong tercapainya sasaran yang melibatkan segala bentuk potensi gangguan, ambang gangguan, dan gangguan nyata di jalan raya.

“Adapun sasaran khusus dalam operasi ini mencakup larangan penggunaan handphone saat berkendara, larangan berbonceng lebih dari satu orang, serta penindakan terhadap pengendara yang melanggar aturan, seperti di bawah umur, tidak menggunakan helm SNI, berkendara dalam pengaruh alkohol, melawan arus, dan tidak menggunakan safety belt,” ungkap Irwasda.

Dengan adanya Operasi Keselamatan Cartenz 2024, diharapkan kesadaran dan ketaatan masyarakat terhadap aturan lalu lintas dapat ditingkatkan, sehingga dapat menciptakan jalan raya yang lebih aman dan nyaman bagi semua pengguna.(*)
© Copyright 2022 - 1 One News