Breaking News

KKB Paniai Bakar Kios, SD dan SMP di Kepas Kopo, Paniai

Papua - Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) Paniai Pimpinan Undius Kogoya, Berulah dengan membakar sejumlah bangunan Sekolah dan Kios serta melakukan aksi penembakan pada selasa/21/5/2024, di Distrik Paniai Timur, Kabupaten Paniai, Provinsi Papua Tengah.

Ka Ops Damai Cartenz-2024, Kombes Pol Dr. Faizal Ramadhani, saat di konfirmasi membernarkan adanya kejadian tersebut.

Menurut Kombes Pol Dr. Faizal Ramadhani, kejadian bermula saat 2 orang KKB yang identitasnya masih dalam penyelidikan, mendatangi salah satu kios milik saudara Arwin pada Pukul, 21;35, wit, dengan modus berpura-pura membeli rokok.

“Saat KKB berpura-pura membeli rokok, saudara Arwin (pemilk kios) melayaninya dengan memberikan Rokok namun tiba-tiba salah satu dari 2 orang KKB tersebut mengeluarkan senjata Api dan melakukan penembakan, saat penembakan terjadi terjadi, korban langsung melarikan diri kedalam rumah sehingga tindak terkena tembakan namun terkenan helem pada diding rumah. dan saat itu pula, kedua KKB tersebut melarikan diri.”. Tutur Kombes Pol Dr. Faizal Ramadhani.

Kasatgas Humas Operasi Damai Cartenz 2024, AKBP Dr. Bayu Suseno, saat dikonfirmasi juga mengatakan bahwa, setelah KKB melakukan penembakan terhadap warga sipil (pemilik kios), KKB kemudian melajutkan aksinya dengan melakukan pembakaran terhadap sejumlah bangunan kios dan sekolah serta melakukan aksi kontak tembak dengan aparat TNI-Polri.

“Dapat kami menyampaikan bahwa, untuk sejumlah bangunan Kios yang dibakar oleh KKB masih dalam proses pendataan oleh Satgas Damai Cartenz-2024 dan Polres Paniai, sementara untuk bangunan gedung sekolah yang di bakar oleh KKB yaitu, gedung sekolah PAUD, SD dan SMP YPPGI Kepas Kopo, Paniai”. Ujar AKBP Dr. Bayu Suseno.

AKBP Dr. Bayu Suseno, menambahkan, Para guru PAUD, SD dan SMP YPPGI Kepas Kopo Paniai dan keluarganya telah berhasil diamankan oleh aparat Gabungan TNI-Polri dan Satgas Damai Cartenz ke Mako Polres Paniai serta telah terdata 23 Orang yaitu 9 orang laki-laki dan 10 orang Perempuan serta 4 orang anak kecil.

“Untuk Saat ini, Aparat Gabungan TNI-Polri dan Satgas Damai Cartenz-2024 masih bersiaga untuk mengantispasi aksi susulan dari KKB”. Tutup AKBP Dr. Bayu Suseno.(*)
© Copyright 2022 - 1 One News