Breaking News

Menkopolhukam dan Mendagri Tekankan Pentingnya Sinergitas Jelang Pilkada Papua 2024

Papua – Dalam rangka kesiapan penyelenggaraan Pilkada Serentak Tahun 2024 di wilayah Papua, Wakapolda Papua Brigjen Pol. Patrige Rudolf Renwarin, S.H., M.Si., menghadiri Rapat Koordinasi yang berlangsung di lantai 11 Ballroom Hotel Aston Jayapura, Rabu (29/05). 

Kegiatan ini dipimpin oleh Menkopolhukam RI Marsekal TNI (Purn.) Dr. (H.C.) Hadi Tjahjanto dan Mendagri RI Jenderal Pol (Purn.) Prof. Drs. H. Muhammad Tito Karnavian, M.A., Ph.D. Turut hadir dalam acara tersebut, Kapolda Papua Barat Irjen Pol Johnny Eddizon Isir, Pangdam XVIII/Kasuari Mayjen TNI Haryanto, Kabinda Papua Mayjen TNI (Purn.) Gustav Agus Irianto, Kabinda Papua Barat Mayjen TNI (Purn.) Daru Cahyono, serta Pj. Gubernur dari beberapa provinsi di Papua.

Kegiatan ini bertujuan untuk memastikan kesiapan pelaksanaan Pilkada Serentak dan membahas langkah-langkah sinergis antara pemerintah, aparat keamanan, dan masyarakat. Dalam sambutannya, Dr. M. Ridwan Rumasukun, S.E., M.M., Pj. Gubernur Provinsi Papua, menekankan pentingnya dukungan dari TNI dan Polri dalam menjaga stabilitas keamanan di Papua.

"Pemerintah Provinsi Papua sangat berterima kasih atas dukungan dari TNI dan Polri dalam menjaga kestabilan keamanan serta ketertiban di wilayah Provinsi Papua dan seluruh wilayah Tanah Papua. Oleh karena itu, hendaknya kita semua memberikan dukungan yang positif dalam kehidupan berbangsa dan bermasyarakat agar wilayah Papua tetap kondusif, terlebih menjelang Pilkada," ujar Dr. Ridwan.

Dr. Ridwan juga mengingatkan pentingnya memperhatikan Naskah Perjanjian Hibah Daerah (NPHD) yang telah ditandatangani dan mendorong pencairan dana 100% mengingat tahapan persiapan Pilkada sudah dimulai. 

"Perlu saya sampaikan bahwa tanggung jawab kita sebagai Pemerintah Daerah dengan memperhatikan NPHD yang sudah ditandatangani beberapa waktu lalu, mendorong untuk segera melakukan pencairan 100%, mengingat tahapan persiapan Pilkada sudah dimulai," tambahnya.

Lebih lanjut, Menkopolhukam Hadi Tjahjanto menegaskan pentingnya sinergitas antara pemerintah, aparat keamanan, dan masyarakat untuk menyukseskan Pilkada 2024. 

"Agar di Papua bisa berjalan baik, lancar, dan aman, oleh karena itu kita perlu lakukan sinergitas dengan peserta pemilu, masyarakat, pemerintah, dan TNI-Polri. Di Papua ada 4 provinsi yang akan melaksanakan pilkada pertama kali, sehingga perlu dilakukan perhatian khusus agar dapat berjalan dengan baik hingga hari penghitungan suara sehingga terpilih pejabat daerah," jelas Hadi.

Mendagri Tito Karnavian menambahkan bahwa evaluasi terhadap pemilu sebelumnya sangat penting untuk memastikan Pilkada 2024 berjalan lancar. 

"Rapat koordinasi ini penting untuk memberikan masukan agar pemerintah, aparat keamanan, dan komponen masyarakat yang terlibat dapat saling bersinergi, serta untuk mereview, menganalisa, dan mengevaluasi pemilihan umum tahun sebelumnya demi mewujudkan pemilukada yang aman dan damai di Provinsi Papua dan daerah pemekaran," katanya.

Kegiatan ini diharapkan dapat menyatukan seluruh elemen masyarakat, penyelenggara pemilu, dan aparat keamanan dalam persiapan strategis yang komprehensif. Upaya ini mencakup perencanaan yang matang, alokasi anggaran yang tepat, serta langkah-langkah preventif untuk menciptakan kondisi yang aman dan kondusif selama pelaksanaan Pilkada 2024.(*)
© Copyright 2022 - 1 One News