Breaking News

619 Calon Siswa Polri Polda Papua Ikuti Tes Kesamaptaan Jasmani

Papua – Sebanyak 619 Calon Siswa (Casis) Bintara Polri Polda Papua mengikuti hari pertama Tes Kesamaptaan Jasmani dalam rangka Penerimaan Bintara Polri Gelombang II Tahun Anggaran 2024, Senin (10/05). Kegiatan ini berlangsung dengan penuh semangat dan disiplin tinggi.

Kabid Humas Polda Papua Kombes Pol Ignatius Benny Ady Prabowo, S.H., S.I.K., M.Kom, menyampaikan bahwa total ada 619 Casis yang mengikuti kegiatan tahap Uji Kesamaptaan Jasmani pada hari pertama. 

"Para casis berasal dari berbagai Polres dan Ta Jajaran Polda Papua yang telah melampaui tahap Rikkes ke II sebelumnya," ujarnya.

Uji Kesamaptaan Jasmani ini terbagi menjadi tiga kategori, yaitu Uji Kesamaptaan Jasmani A dan B, Uji Kesamaptaan Jasmani C, dan Uji Kesamaptaan Jasmani D. Wakil Ketua Tim Kesamaptaan Jasmani, AKBP Ady Tri Widiyanto, S.I.K., S.H., menjelaskan lebih rinci mengenai kategori tersebut.

"Uji Kesamaptaan Jasmani A dan B mencakup Lari 12 Menit, Pull Up, Sit Up, Push Up, dan Shuttle Run. Sementara, Uji Kesamaptaan Jasmani C meliputi Renang, dan Uji Kesamaptaan Jasmani D melibatkan Anthropometrik," kata AKBP Ady Tri Widiyanto.

Pelaksanaan tes ini diadakan di beberapa lokasi berbeda. Uji Kesamaptaan Jasmani A dan B berlangsung di lapangan Rastra Samara SPN Polda Papua, sedangkan Uji Kesamaptaan Jasmani C dilaksanakan di Kolam Renang Tirta Mandala Jayapura. Untuk Uji Kesamaptaan Jasmani D, lokasi pelaksanaannya adalah Gedung Dojo SPN Polda Papua.

AKBP Ady Tri Widiyanto menekankan bahwa semua tahapan tes dalam rekrutmen Bintara Polri tahun 2024 Polda Papua menerapkan sistem Bersih, Transparan, Akuntabel, dan Humanis (BETAH).

"Sistem penilaian kami transparan. Hasil tes langsung diumumkan setelah pelaksanaan sehingga peserta dapat melihat nilai mereka secara langsung. Jika ada keluhan, kami memberikan kesempatan untuk menyampaikan keluhan mereka," jelasnya.

Menariknya, seluruh peserta tes tahun ini adalah Orang Asli Papua (OAP). Kombes Pol Ignatius Benny Ady Prabowo berharap para calon siswa ini bisa menjadi generasi penerus yang melaksanakan tugas di Polri. 

"Kami berharap adik-adik yang mengikuti tes ini bisa melaksanakan dengan maksimal sehingga hasilnya juga maksimal dan bisa bergabung dengan kami di Kepolisian Republik Indonesia," harapnya.

Kombes Pol Ignatius Benny juga memberikan dorongan kepada calon siswa yang belum berhasil dalam tes tahun ini. "Bagi yang belum berhasil, masih ada kesempatan di tahun berikutnya. Segala sesuatu harus dipersiapkan dengan baik. Kami yakin adik-adik bisa bergabung dengan kami menjadi anggota Polri. Terima kasih," tutupnya.

Kegiatan ini menunjukkan komitmen Polda Papua dalam merekrut dan melatih calon anggota Polri yang berkompeten dan siap melayani masyarakat dengan penuh dedikasi.(*)
© Copyright 2022 - 1 One News