Breaking News

Berlanjutnya Kegiatan Rakernis Pada Fungsi Intelkam Polri T.A 2024 Polda Papua

Papua –  Kegiatan Rangkaian Kerja Teknis yang mengandung tema “kesiapan menuju tahapan Pilkada 2024” ini telah dilanjutkan pada pagi hari ini Jumat (21/06). 

Bertempat di Hotel Horison Kotaraja, Kota Jayapura, Provinsi papua, kegiatan rakernis ini turut dihadiri oleh Dir intelkam Polda Papua, Kombespol Wawan Setiawan, S. I. K., Para Kasubdit Intelkam Polda Papua, serta Para Kasat Intel dari Polres Jajaran.

Dir intelkam Polda Papua, Kombespol Wawan Setiawan, S. I. K. menyampaikan bahwa, kita sudah mengikuti segala kegiatan Rakernis, ada beberapa penekanan dari Wakapolda Papua dan Narasumber terkait Pilkada yang akan dilaksanakan mendatang.

”Walaupun kita berada di alokasi waktu yang terbatas, tentunya perlu menjadi catatan untuk kita semua bahwa pada saat ini kita berada di fase Pilpres, Pileg dan Pilkada yang belum sepenuhnya selesai,”ucapnya.

Lebih lanjut ia menambahkan bahwa, Masih banyak proses yang harus dilalui, diantaranya di Papua ini ada beberap wilayah yang masih harus melakukan PSU, dan dari beberapa hal tersebut, ada potensi merubah komposisi kursi yang mengandung kerawanan yang harus menjadi atensi kita bersama.

“Terkait Pilkada, timeline Pilkada harus diperhatikan nantinya, karena dikhawatirkan akan membebani wilayah Papua, dan kemungkinan harus di back up oleh Polda Papua. Sudah selayaknya kita harus senantiasa berkomunikasi bersama penyelanggara, berikan saran dan masukan, serta terus melakukan monitoring perkembangan Kamtibmas,”tambahnya.

Kombespol Wawan Setiawan juga memberikan saran terkait Langkah Cooling System untuk meminimalisir kemungkinan terjadinya gangguan kamtibmas yang berpotensi menjadi konflik.

“Akan dilaksanakan Ops Mantap Praja Cartenz 2024, dalam pelaksanaan operasi tersebut kita akan minim keterlibatan dari Polda luar sehingga kita harus bisa meningkatakan kerja sama bersama dari semua pihak yang akan menghadapi Pilkada di wilayah kedepannya,”ungkapnya.

Ia juga menegaskan bahwa, tidak hanya Pilkada yang perlu menjadi perhatian, namun di Papua kita mempunyai kalender Kamtibmas yang perlu menjadi perhatian kita semua agar kedamaian di Tanah Papua berjalan dengan semestinya.

“Tidak ada kata lain, selain kita harus siap dan menjawab tantangan dari seluruh pemangku kepentingan, bahwa Provinsi Papua dikatakan sangat rawan, terus saling mendukung dan terus berdoa sehingga tugas kita bisa dilaksanakan dengan baik,”tutup Kombespol Wawan Setiawan.(*)
© Copyright 2022 - 1 One News