Breaking News

Dialog Interaktif RRI Dengan Tema “Peran Laboratorium Forensik Dalam Pengungkapan Kasus di Papua”

Papua – Dalam rangka mengetahui tugas laboratorium forensik dalam pengungkapan kasus di Papua, telah dilaksanakan dialog interaktif Polisi Menyapa yang bertempat di Studio LPP RRI Jayapura, Kamis (20/06/2024).

Hadir sebagai narasumber Kabid Labfor Polda Papua AKBP Dr. I Gede Suhartawan, S.Si., M.Si.

Dalam kesempatannya Kabid Labfor menyampaikan Laboratorium Forensik adalah suatu wadah untuk pemeriksaan barang bukti baik di laboratorium maupun di TKP (Tempat Kejadian Perkara).

“Laboratorium Forensik di Papua ini masih baru untuk membantu para penyidik dalam mengungkap kasus yang terkait dalam tindak pidana secara keseluruhan. Jika kita berbicara mengenai tindak pidana itu sangat banyak sehingga dalam Labfor itu ada beberapa Sub Bidang yang bertujuan untuk sinergitas dengan para penyidik, oleh karena itu bisa disimpulkan bahwa reserse sebagai pemeriksa orang, dan kami sebagai pemeriksa barang bukti yang dipakai pada kejadian perkara,” ucap Kabid Labfor.

Kabid Labfor menyampaikan pihaknya tidak hanya membantu dalam tugas Kepolisian, TNI ataupun Institusi terkait tetapi juga dapat membantu masyarakat yang sifatnya bukan projustitia seperti dalam hal mahasiswa yang sedang meneliti atau menyiapkan skripsi sesuai dengan judulnya.

“Bukan hanya itu kami juga dapat membantu masyarakat yang kiranya mencari pembuktian DNA darah daging seperti anak dengan orang tua. Namun kami tekankan lagi bahwa hal ini tidak menyangkut projustitia atau bukan demi hukum,” ungkapnya.

Lebih lanjut, ia menyampaikan pesan-pesan Kamtibmas kepada masyarakat di tanah Papua untuk tetap jaga keamanan dan kenyamanan di tanah Papua apalagi menjelang Pemilukada 2024 ini pilihan boleh berbeda tapi tetap bersaudara agar tanah Papua tetap aman dan damai.(*)
© Copyright 2022 - 1 One News