Breaking News

Kapolda Papua Berikan Bantuan Kepada Korban Kebakaran di Caravan, Sentani

Papua – Kepala Kepolisian Daerah Papua, Irjen Pol Mathius D. Fakhiri, S.I.K menyerahkan bantuan kepada masyarakat yang terkena bencana kebakaran di Jalan Caravan Sentani, Kabupaten  Jayapura pada Kamis (6/6/2024).

Penyerahan bantuan dilakukan Kapolda di lokasi kebakaran Jumat (7/6/2024) didampingi Kepala BNN Papua dan Kapolres Jayapura. Adapun bantuan yang diserahkan 150 sak semen, 100 seng, dan bantuan berupa uang.

Kapolda Mathius menyampaikan pihaknya merasakan apa yang dirasakan korban kebakaran kemarin seperti pada saat kebakaran rumah dinas Kapolda beberapa waktu lalu.

“Pertama saya merasakan apa yang dirasakan korban senama saya pada saat rumah dinas Kapolda Papua, tapi saya sadar betul karena kejadian pada subuh jadi tidak ada yang bisa diselamatkan. Saya berharap keluarga besar korban kebakaran Mathius Payung tidak bersedih karena ini bagian yang kita amini sebagai cobaan dari Tuhan untuk mengingatkan umatnya,” ujar Kapolda.

Lebih lanjut, ia berharap kepada keluarga besar Ikatan Keluarga Toraja (IKT) Sentani agar mempunyai rasa empati yang sama untuk bisa membantu meringankan beban yang dirasakan keluarga besar Mathius Payung.

“Saya berharap dengan bantuan yang saya berikan bisa cepat membangun rumahnya kembali, sehingga ada tempat berteduh bersama keluarga, karena tinggal di tempat orang lain itu rasanya kurang nyaman,” katanya.

Irjen Fakhiri mengatakan setelah bantuan yang diserahkan tersebut ada juga bantuan lain dari keluarga besar IKT sehingga keluarga korban bisa cepat kembali ke rumahnya. 

“Saya berharap setelah bangun rumah ini arus listrik harus diperhatikan agar tidak terjadi korseleting lagi. Kebakaran ini tentu tidak diinginkan mereka, tetapi kalau Tuhan sudah berkehendak tak satu pun manusia bisa dibatalkan,” bebernya.

Ia mengaku, rumah dinas Kapolda Papua yang terbakar sebelumnya akibat arus listrik karena rumah sudah tua, sehingga cepat terbakar. Musibah yang dialami oleh keluarga Payung ini tidak membuat rumah lain terbakar. Untuk itu, dia meminta kepada pemerintah Kabupaten Jayapura bisa melihat warganya memberikan kepedulian agar masyarakat bisa memperbaharui rumah-rumahnya. 

“Kalau kehadiran saya disini untuk membantu warga korban kebakaran meringankan beban keluarga Mathius Payung,” ungkap Fakiri.

Sementara itu, keluarga korban kebakaran Mathius Payung menyampaikan terima kasih kepada Kapolda Papua yang telah datang ke tempatnya.

“Kami sangat berterima kasih atas bantuan yang diberikan Kapolda Papua ini sebagai bentuk empati, simpati buat kami. Tadi sudah disampaikan bahwa Kapolda juga sudah pernah merasakan apa yang kami rasakan, sehingga memiliki empati yang sangat besar dan luar biasa yang kami rasakan. Kami sudah saksikan bersama bantuan dari bapak Kapolda buat kami,” ucap Mathius Payung.

Ia menyebutkan, pihaknya tidak bisa berbuat sesuatu untuk membalas kebaikan Kapolda Papua.

 “Kami hanya bisa berdoa dalam karir, jabatan dan dalam berbagai impian rencana kedepan dapat terwujud,” tuturnya.

Mathius Payung menyampaikan dirinya juga mendapat dukungan bantuan dari masyarakat IKT, masyarakat setempat karena mereka kehilangan segalanya sehingga mereka tetap semangat kedepan dalam membangun rumahnya kembali setelah terbakar.(*)
© Copyright 2022 - 1 One News