Breaking News

Didampingi Kapolda Papua, Wakil Presiden RI Tinjau Pembangunan dan Pertanian di Papua Selatan

Papua – Wakil Presiden RI, Prof. Dr. (H.C.) K.H. Ma'ruf Amin, didampingi oleh Kapolda Papua, Irjen Pol. Mathius D. Fakhiri, S.I.K, bersama Forkopimda Provinsi Papua Selatan melakukan kunjungan kerja yang bertujuan untuk meninjau berbagai kegiatan pembangunan dan pembinaan masyarakat di wilayah tersebut pada Selasa (4/6). 

Kunjungan tersebut melibatkan pertemuan dengan Pj. Gubernur Papua Selatan, para Bupati, tokoh adat, tokoh agama, dan tokoh masyarakat se-Papua Selatan, serta pencanangan pembangunan sentra sarana dan prasarana pemerintah provinsi Papua Selatan.

Wakil Presiden menyampaikan komitmen pemerintah dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat Papua, dengan fokus pada berbagai aspek seperti pendidikan, telekomunikasi, ekonomi, pelayanan masyarakat, dan infrastruktur. Ia menekankan pentingnya pemerataan pembangunan di Papua Selatan melalui alokasi anggaran yang lebih tepat dan efektif.

"Setiap permasalahan di masyarakat harus menjadi tanggung jawab pemerintah baik di tingkat kabupaten, provinsi, maupun pusat. Kita harus bekerja sama untuk memprioritaskan pembangunan yang diperlukan, termasuk dalam bidang pendidikan dan keagamaan," ujar Wakil Presiden.

Selain itu, dalam agenda kunjungan tersebut, Wakil Presiden juga meninjau kawasan perkebunan tebu Sermayam di Kampung Ngutti Bob, Kecamatan Tanah Miring, Kabupaten Merauke. Ia menyoroti potensi pembangunan pertanian tebu gula di Merauke sebagai salah satu solusi untuk mengurangi impor gula Indonesia yang terus meningkat.

"Merauke menjadi pusat pertanian tebu gula dengan target produksi 2,6 juta ton dan produksi etanol untuk memenuhi kebutuhan gula dalam negeri," jelas Wapres.

Kunjungan kerja Wakil Presiden beserta rombongan di wilayah hukum Polda Papua berlangsung mulai tanggal 3 hingga 5 Juni 2024 di Provinsi Papua Selatan. Selanjutnya, rombongan akan melanjutkan ke Provinsi Papua Pegunungan untuk meninjau pembangunan kawasan inti pusat pemerintahan dan pameran UMKM Dekranasda.(*)
© Copyright 2022 - 1 One News