Breaking News

Kapolres dan Pj Bupati Paniai Pastikan Proses Pengantaran Warga Berjalan Lancar

Papua – Kapolres Paniai AKBP Abdus Syukur Felani, S.I.K., bersama Pj Bupati Dr. Martha Pigome, S.H., M.Hum., hadir di Gereja Katolik Paroki Salib Suci Madi, Distrik Pantim, Kabupaten Paniai, Selasa (25/6/2024). Kehadiran mereka bertujuan untuk memastikan situasi keamanan dan kenyamanan warga pasca kejadian di Distrik Bibida.

Dalam sambutannya, Kapolres Paniai menyatakan bahwa situasi Kamtibmas di wilayah Paniai, khususnya setelah kejadian di Distrik Bibida, sudah aman terkendali. 

"Saya hadir di sini untuk melihat langsung serta memastikan jalannya proses pengawalan dalam mengantar masyarakat ke kampung halamannya," ujarnya.

Pj Bupati Paniai, Dr. Martha Pigome, menyampaikan apresiasinya terhadap TNI dan Polri yang telah memberikan rasa aman kepada masyarakat di beberapa kampung, termasuk Kampung Odiyai, Kampung Bibida, Kampung Ugidimi, Kampung Kuisiga, Kampung Kugapa, Kampung Kolaitaga, dan Kampung Dama-Dama Distrik Bibida. 

"Kami, Pemerintah Daerah, mengucapkan banyak terima kasih kepada TNI-Polri yang sudah hadir serta memberikan rasa aman kepada masyarakat, sehingga mereka dapat kembali ke kampung dalam keadaan aman dan baik," kata Dr. Martha Pigome.

Kapolres Paniai menambahkan bahwa hari ini, ia bersama Pj Bupati Paniai, Sekda Paniai, Forkopimda setempat, PJU Polres Paniai, Personil Polres Paniai, dan Personil Satgas Operasi Damai Cartenz ikut serta dalam proses pengawalan dan mengantar masyarakat kembali ke kampung halamannya. 

"Kami dari pihak kepolisian telah menyiapkan enam unit kendaraan untuk digunakan oleh para pengungsi," jelasnya.

Proses pengantaran dilakukan dalam tiga tahap dan berjalan dengan aman, lancar, serta selamat sampai tujuan. Kepala Distrik Bibida, Yoriz Zonggonau, S.I.P., menyampaikan rasa haru dan terima kasihnya kepada Kapolres Paniai dan jajarannya. 

"Kami mengucapkan banyak terima kasih kepada Bapak Kapolres Paniai dan jajarannya yang telah mengantar masyarakat kami untuk kembali ke kampung halamannya masing-masing," ungkap Yoriz Zonggonau.

Salah satu warga Kampung Ugidimi juga mengucapkan terima kasih kepada Kapolres Paniai dan pemerintah daerah yang telah membantu serta mengantar masyarakat kembali ke kampung asal dengan lancar. 

"Sekali lagi, banyak-banyak terima kasih kepada Bapak Kapolres Paniai AKBP Abdus Syukur Felani, S.I.K., atas perhatian dan bantuan luar biasa yang telah diberikan," ujar warga tersebut.

Kegiatan ini mencerminkan sinergi antara pemerintah daerah dan aparat keamanan dalam memastikan keamanan dan kesejahteraan masyarakat di Kabupaten Paniai. Diharapkan, dengan langkah-langkah seperti ini, kedamaian dan keharmonisan di wilayah tersebut dapat terus terjaga.(*)
© Copyright 2022 - 1 One News